Minggu, 23 Mei 2010

SEJARAH INTERNET

Banayak sebutan yang diberikan oleh para penggunanya antara lain Cyber, e-world,, dunia maya dan sebagainya.Semua itu hanya sebutan bagi para pengguna internet.
Internet adalah suatu jaringan computer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan computer lokal dan regional, yang memungkinkan dapat berkomunikasi data antar computer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

Sejarah internet itu sendiri awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada sekitar tahun 60’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau advanced Reserch Project Agency Network.

Ada beberapa universitas di amerika serikat yaitu diantaranya UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan pada awalnya telah berhasil menghubungka 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda tersebut.

Perkembangan Arpanet ini cukup pesat jika dilihat dari perkembangan computer yang ada pada saat itu. Jumlah yang sebenarnya dari yang computer yang terhubug dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.
Karena dengan perkembangannnya yang semakin pesat, jaringan computer ini tidak lagi disebut dengan ARPANET karena semakin banyak computer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung, jaringan yang saling terhubung dengan semakin banyaknya kemudian disebut dengan internetworking dan banyak orang yang menyebut jaringan besar ini dengan sebutan istilah internet.

0 komentar:

Posting Komentar