Sabtu, 22 Mei 2010

recovery pada windows 7

Semua fitur tersebut membuat HP Recovery Manager alat yang diperlukan untuk memastikan keamanan data.
Mengapa melakukan pemulihan sistem?
Alasan untuk melakukan pemulihan sistem untuk mengembalikan komputer ke kondisi asli operasi meliputi:

* Windows 7 sistem operasi file tidak sengaja dipindahkan, dihapus, atau rusak, dan tidak dapat diperbaiki.
* PC notebook terinfeksi virus atau bentuk lain dari perangkat lunak berbahaya yang tidak dapat dihapus oleh software anti-virus.
* Hard disk drive rusak, tidak berisi data, atau tidak merespons.
* Hapus semua file pengguna yang ada dan program sebelum memberikan PC untuk orang lain.

Melakukan pemulihan kembali komputer ke kondisi semula. Ini akan menghapus semua perangkat lunak dan file disimpan ke hard drive, reinstalls sistem operasi yang asli, dan kemudian menjalankan setup awal untuk menginstal program default. Tergantung pada model komputer, ada empat cara untuk melakukan pemulihan. Proses pemulihan lengkap dapat mengambil 4 sampai 6 jam atau lebih untuk menyelesaikan. Untuk hasil terbaik, komputer harus terhubung ke internet, dan akan restart beberapa kali selama proses tersebut. Jangan mematikan daya atau mengganggu proses pemulihan sampai desktop Windows muncul.
PERINGATAN: Karena proses pemulihan menghapus semua file yang ada dan program, HP menganjurkan Anda melakukan hal berikut sebelum melakukan tindakan pemulihan sistem:

* Lakukan semua pilihan pemecahan masalah lainnya untuk kembali komputer ke kondisi operasi yang tepat.
* Melakukan backup lengkap dari semua data dan file penting.

HP tidak memberikan disc pemulihan dengan PC baru karena pengguna dapat membuat cakram pemulihan pribadi selama setup awal komputer.
CATATAN: Recovery Manager HP mengembalikan PC ke sistem operasi yang asli berlisensi. Jika sistem operasi adalah upgrade ke Windows 7 dari Vista, gunakan cakram pemulihan untuk mengembalikan PC ke pengaturan awal pabrik Vista. Setelah PC akan dipulihkan ke kondisi aslinya, bisa upgrade ke Windows 7 sekali lagi.
Ketika adalah pemulihan sistem yang lengkap?
Ada dua bagian dalam proses pemulihan sistem yang lengkap. Pertama, sistem operasi telah terinstal dan komputer dikembalikan ke kondisi operasional. Kedua, komputer unbundles perangkat lunak dan mengatur kondisi operasi dasar. pemulihan dapat mengambil 1 sampai 6 jam atau lebih tergantung pada berbagai faktor.
Instalasi Software HP layar atau Desktop Windows mungkin muncul untuk menghentikan sebentar atau berhenti bekerja selama beberapa menit. Beberapa layar instalasi akan tampak pesan kesalahan dan sejumlah restart dapat terjadi. Perilaku ini diharapkan dan Intervensi APAPUN pengguna selama tahap ini dapat dan biasanya akan menghasilkan kesalahan yang tidak disengaja seperti "Windows tidak dapat menyelesaikan instalasi."
Selama setup Anda akan diminta untuk memilih pengaturan seperti bahasa, tanggal dan waktu, dan jenis jaringan yang akan digunakan. Setelah Anda memilih pengaturan, komputer akan restart dan meminta Anda untuk log in ke Windows. Proses pemulihan sistem yang lengkap bila Anda diminta untuk login ke komputer dengan nama pengguna dan sandi.
Setelah menyelesaikan pemulihan sistem, adalah sangat penting untuk mendapatkan dan menginstal pembaruan untuk PC dan perangkat lunak, yang telah dirilis sejak tanggal pembuatan PC.

* Luncurkan fungsi Windows Update untuk menginstal pembaruan terbaru Microsoft.
* Luncurkan HP atau HP Dukungan Penasihat Asisten menginstal HP terbaru BIOS dan driver diperbarui. Atau Anda dapat mencari pembaruan pada HP Driver dan halaman Downloads dukungan.

Recovery disc tidak dikirim dengan komputer menggunakan Manajer Pemulihan
HP tidak termasuk cakram pemulihan dengan komputer yang dikirimkan dengan HP Recovery Manager. Anda dapat menggunakan Recovery Manager untuk membuat satu set cakram pemulihan pribadi. Dalam hal bahwa crash hard drive atau sistem komputer menjadi rusak, Anda dapat menggunakan cakram pemulihan pribadi untuk mengembalikan sistem ke kondisi aslinya.
PERHATIAN: HP Recovery Manager memungkinkan penciptaan hanya satu (1) set disc pemulihan, dan cakram yang unik untuk masing-masing PC. Disc pemulihan tidak dapat digunakan untuk memulihkan sistem operasi ke PC lain.
Karena recovery disc pribadi hanya mencakup file yang dibutuhkan untuk komputer tertentu, Anda dapat melakukan pemulihan dalam waktu kurang dari satu jam. Lihat Ciptakan satu set cakram sistem operasi pemulihan.
Jika Anda memilih untuk tidak membuat recovery disc pribadi Anda, dan Anda memesan disc pengganti pemulihan dari HP, itu akan berisi informasi yang diperlukan untuk beberapa model, dan pemulihan dapat berlangsung hingga empat sampai enam jam atau lebih. Lihat PC Notebook HP - Disc Pemulihan Order untuk Windows Vista atau XP atau Windows 7
Buat satu set cakram sistem operasi pemulihan
Anda dapat menggunakan HP Recovery Manager untuk membuat satu set cakram pemulihan pribadi. Bila Anda memilih proses penciptaan Recovery disc, HP Recovery Manager memeriksa PC dan menentukan berapa banyak disk DVD kosong akan dibutuhkan. Tergantung model, Anda akan perlu sampai tiga DVD-R atau DVD + R disc. Proses pembuatan bisa memakan waktu hingga satu jam atau lebih. Jangan mengganggu proses penciptaan.
PERHATIAN: The disc harus baik DVD-R, atau DVD + R. Jangan gunakan DVD-R / W membaca / menulis cakram jenis karena proses pembuatan akan gagal.
Buat satu set cakram sistem operasi pemulihan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start dan masukkan Pemulihan di bidang pencarian. Pilih Pemulihan Manager dari daftar untuk membuka jendela HP Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta.
Bergantian, klik Start, All Programs, Recovery Manager, dan kemudian Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta.
2. Klik Recovery Disc Creation.
Komputer akan restart dan meluncurkan Manager Pemulihan lagi.
3. Pilih Recovery Disc Creation lagi untuk memulai proses.
Program ini akan muncul untuk menghentikan sementara sekitar sepuluh menit ketika memeriksa komputer dan menghitung berapa banyak DVD-R atau DVD + R disc diperlukan. Jangan mengganggu proses ini.
4. Bila diminta, masukkan CD kosong pada disk drive optik dan ikuti petunjuk pada layar untuk membuat cakram pemulihan.

Setelah semua disc pemulihan diciptakan, label disk dan menyimpannya di tempat yang aman.
CATATAN: Jika disc pemulihan gagal selama pembuatan atau menjadi rusak, Anda dapat memesan cakram pengganti pemulihan dari HP.
Tiga cara untuk memulihkan PC untuk kondisi operasi yang asli
Anda memiliki tiga pilihan cara untuk menjalankan pemulihan dan kembali komputer Anda untuk kondisi operasi aslinya. Proses pemulihan dapat memakan waktu satu jam atau lebih dan tidak lengkap sampai prompt untuk login ke tampilan Windows. Ketika pemulihan selesai, pastikan untuk menjalankan Microsoft Windows Update dan Penasihat HP atau HP Dukungan Asisten untuk menginstal semua driver update dan software.

1. Jika komputer dapat boot ke desktop Windows, jalankan Recovery Manager.
2. Jika komputer tidak dapat boot ke desktop Windows, tekan F11 untuk memulai Recovery Manager.
3. Masukkan disk Anda yang dipersonalisasi pemulihan atau penggantian disc pemulihan dalam drive optik dan menjalankan komputer.

Mengembalikan PC ke kondisi aslinya dengan HP Recovery Manager dari dalam Windows 7
Jika PC dapat dimulai dan terbuka ke desktop Windows, Anda dapat menggunakan HP Recovery Manager pada hard drive untuk mengembalikan PC ke kondisi pabrik asli dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start dan masukkan Pemulihan di bidang pencarian. Pilih Pemulihan Manager dari daftar bila telah tersedia. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
Bergantian, klik Start, All Programs, Recovery Manager, dan kemudian Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
2. Klik Sistem pemulihan. PC akan restart dan membuka kembali Pemulihan Manager.
3. Ketika restart PC, pilih opsi System pemulihan dan klik Next.
4. Jika diminta untuk menggunakan program Microsoft System Restore, klik No, kemudian klik Next.
5. Bila diminta, jika Anda ingin file cadangan Anda pribadi dan pengaturan, pilih Back up file pertama Anda (disarankan) Pilihan, dan kemudian klik Berikutnya. Ikuti petunjuk pada layar.
6. Ketika diminta untuk Recover tanpa back up file Anda, silakan STOP sebelum mengklik Next.
PERINGATAN: Ini adalah kesempatan terakhir untuk berubah pikiran tentang pemulihan PC dan menghapus semua file dan program. Proses Setelah Anda klik Next, restore tidak dapat dihentikan.
7. Jika Anda puas bahwa Anda ingin memulai proses pemulihan, klik Next. PC segera dimulai memformat hard drive dan menghancurkan semua data.

Proses pemulihan bisa memakan waktu hingga beberapa jam dan akan kembali PC ke kondisi aslinya. Setiap kustom pengaturan, driver, program perangkat lunak dan pembaruan, dan / atau pembaruan perangkat keras yang hilang dan harus diinstal ulang.
Mengembalikan PC ke kondisi aslinya menggunakan tombol F11 jika Windows 7 tidak dapat diakses
Jika PC tidak dapat memulai ke Windows, masih dapat dibuat untuk menggunakan HP Recovery Manager pada hard drive untuk mengembalikan komputer ke kondisi operasi aslinya. Manajer Recovery dapat diluncurkan selama proses startup dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan tombol Power untuk memulai PC, dan kemudian tekan tombol F11 ketika BIOS standar petunjuknya ditampilkan pada layar hitam.
CATATAN: Menekan tombol F11 pada saat startup komputer dengan gambar pabrik HP akan memulai proses pemulihan sistem bahkan jika prompt tidak muncul.
Jika HP Recovery Manager dapat mengakses partisi pemulihan pada hard drive, sebuah prompt untuk pengguna cadangan file sebelum memulai pemulihan ditampilkan. Patuhi semua instructions.If di layar HP Recovery Manager tidak dapat mengakses hard drive untuk memperbaiki kesalahan sistem, Anda akan perlu menggunakan cakram pemulihan pribadi yang Anda buat untuk memulihkan hard drive untuk kondisi aslinya.
* Jika Anda belum membuat recovery disc pribadi, atau disk yang rusak, Anda dapat memesan CD pengganti pemulihan dari HP.
2. Ketika Manajer Pemulihan mulai, ikuti petunjuk langkah-demi-langkah pemulihan sistem yang ditunjukkan di atas.

Menyelesaikan masalah pemulihan umum.
Jika Manager Pemulihan tidak dapat diluncurkan baik dari desktop, atau dengan menekan tombol F11 pada startup, Anda dapat menggunakan cakram pemulihan untuk mengembalikan komputer ke kondisi operasi asli pada Windows 7.
Mengembalikan PC ke kondisi aslinya dengan disc pemulihan
Jika sistem operasi yang asli diubah ke suatu non-Windows 7 OS, atau jika PC tidak bisa mengakses desktop Windows, atau Manajer Recovery tidak dapat dijalankan dengan memilih tombol F11 pada startup, Anda dapat menggunakan salah recovery disc personalisasi yang Anda dibuat, atau Anda dapat memesan CD pengganti pemulihan dari HP untuk memulai PC dan mengembalikan hard drive untuk kondisi operasi aslinya.
CATATAN: Melakukan proses pemulihan menggunakan recovery disc personalisasi yang Anda buat dapat berlangsung kurang dari satu jam. Menggunakan cakram memerintahkan penggantian langsung dari HP dapat mengambil empat sampai enam jam dan termasuk beberapa restart.
Jika HP Recovery Manager pada disk dapat mengakses hard drive, ia akan berusaha untuk memperbaiki partisi pemulihan. Jika berhasil, sebuah prompt ditampilkan untuk terus berjalan pemulihan dengan menggunakan Manajer Pemulihan pada hard drive. Jika program di hard drive tidak dapat diperbaiki, terus menggunakan pemulihan disk dalam drive disk optik.
Gunakan disc pemulihan untuk mengembalikan PC dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masukkan disc pemulihan dalam disc drive optik dan menjalankan komputer.
Jika komputer berjalan, masukkan disk pemulihan dan segera klik Start lalu pilih Restart untuk memaksa komputer untuk mulai dari disc pemulihan.
2. Bila diminta, Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD, tekan tombol apa saja pada keyboard.
3. Biarkan disc pemulihan untuk memulai dan load file yang dibutuhkan sementara layar loading Microsoft ditampilkan. Mungkin diperlukan beberapa menit untuk memuat file yang dibutuhkan.
4. Ketika HP Recovery Manager menampilkan jendela, klik System pemulihan.
5. Ikuti petunjuk pada layar dan melakukan tindakan yang diperlukan.
CATATAN: Jangan mengganggu proses pemulihan meskipun komputer bisa restart, atau desktop Windows dapat menampilkan, atau proses yang mungkin muncul untuk berhenti sejenak selama beberapa menit di berbagai kali.
* Bila diminta, ikuti petunjuk pada layar untuk membuat cadangan file pengguna.
* Setelah melakukan cadangan, bila diminta, masukkan kembali recovery disc, dan kemudian klik Next untuk melanjutkan proses pemulihan.
Sebuah kotak status ditampilkan untuk menunjukkan status pemulihan dan perkiraan waktu yang tersisa.
* Jika Anda menggunakan beberapa disk ketika Anda menciptakan pemulihan cakram dipersonalisasi, ikuti petunjuk untuk menghapus disk pertama dan memasukkan setiap disk yang diminta.
6. Ketika diminta untuk Masukkan disk driver tambahan, mengambil salah satu tindakan berikut:
* Jika Anda membeli disc pemulihan pengganti dari HP, dan termasuk disk driver tambahan, masukkan disk dan klik OK atau Berikutnya. Program pemulihan memeriksa disk tambahan dan menginstal file yang dibutuhkan spesifik.
Setelah file-file tambahan yang diinstal, sebuah prompt ditampilkan untuk menghapus disk tambahan dan memasukkan recovery disc aslinya.
* Jika Anda membeli disc pemulihan pengganti dari HP, dan tidak termasuk disk driver tambahan, klik Skip atau Batal. Program pemulihan akan mengabaikan permintaan tersebut dan menginstal file selanjutnya pada disk pemulihan.
* Jika Anda membuat recovery disc pribadi, tekan Next untuk melanjutkan.
7. Lanjutkan mengikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

CATATAN: Jika Anda belum membuat recovery disc pribadi, atau pemulihan disk gagal atau menjadi rusak, lihat PC HP Notebook - Orde Pemulihan Disc untuk Windows 7, Vista, atau XP untuk informasi tambahan.
Cadangan dan memulihkan file penting
Manager Pemulihan menampilkan sebuah prompt untuk membuat salinan cadangan file Anda sebelum melakukan tindakan apapun yang dapat menghapus atau menghapus file. HP menganjurkan agar Anda membuat salinan cadangan file Anda secara teratur, dan bahwa Anda menyimpan file yang didukung-up di CD / DVD atau media eksternal lainnya di lokasi fisik yang terpisah, jauh dari komputer.
Melakukan backup dijadwalkan akan membantu Anda untuk memulihkan beberapa, jika tidak semua, informasi Anda dalam hal sesuatu yang terjadi pada file asli pada PC Anda. Hal ini penting untuk menentukan file yang ingin Anda simpan. Buatlah daftar informasi penting bahwa Anda tidak dapat dengan mudah mengganti. Daftar ini akan membantu Anda untuk menentukan file mana yang membuat cadangan, dan juga memberikan daftar referensi dalam acara yang Anda butuhkan untuk mengambil file.
Untuk menggunakan HP Recovery Manager untuk membuat cadangan file Anda, lihat PC HP Notebook - Cara Back Up File User.
Instal ulang driver atau aplikasi spesifik
HP Recovery Manager dapat menginstal, atau instal ulang, driver hardware individu dan software yang dikirimkan dengan model PC tertentu. Mungkin ada aplikasi lain pihak ketiga yang tidak didukung pabrik-diinstal pada PC. Konsultasikan dengan produsen petunjuk instalasi untuk setiap program pihak ketiga yang dibeli secara terpisah.
Gunakan Recovery Manager untuk menginstal driver individu atau aplikasi, atau menginstal ulang aplikasi rusak, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start dan masukkan Pemulihan di bidang pencarian. Pilih Pemulihan Manager dari daftar bila telah tersedia. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
Bergantian, klik Mulai, Semua Program, Recovery Manager, dan kemudian Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
2. Klik Perangkat Lunak program instalasi ulang atau Hardware instalasi ulang driver, Next, dan kemudian ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal ulang program perangkat lunak yang diinginkan dan driver hardware.

Setelah menginstal driver atau aplikasi, restart komputer.
Mengembalikan pengaturan komputer ke titik sebelumnya dalam waktu menggunakan utilitas System Restore Microsoft
HP Recovery Manager meminta Anda untuk menggunakan utilitas System Restore Microsoft untuk mengembalikan pengaturan dan aplikasi ke titik sebelumnya dalam waktu ketika komputer itu beroperasi dengan benar. Dalam beberapa kasus, menyiapkan sebuah program baru dapat menyebabkan masalah dengan menginstal driver yang konflik dengan driver yang sudah ada. Sistem utilitas Microsoft Kembalikan memungkinkan untuk mengembalikan pengaturan program ke waktu sebelumnya ketika komputer itu beroperasi dengan benar.
HP Recovery Manager dan Microsoft System Restore adalah utilitas yang berbeda, dan mereka menghasilkan hasil yang sangat berbeda. Sistem utilitas Microsoft Kembalikan menggunakan titik pemulihan untuk mengembalikan file sistem dan pengaturan ke titik sebelumnya dalam waktu. Jika ada update atau program yang diinstal setelah itu restore point, dan program pembaruan harus diinstal ulang.
Gunakan HP Recovery Manager untuk mengakses utilitas Windows Kembalikan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start dan masukkan Pemulihan di bidang pencarian. Pilih Pemulihan Manager dari daftar bila telah tersedia. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
Bergantian, klik Start, All Programs, Recovery Manager, dan kemudian Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
2. Klik System Restore Microsoft, Next, kemudian ikuti petunjuk pada layar.
3. Jika System Restore utilitas Microsoft belum dihidupkan, atau jika tidak ada ditentukan titik pemulihan, System Restore meminta penciptaan sistem restore point pertama. Untuk membuat restore point, klik terbuka Sistem Proteksi, Buat, kemudian ikuti petunjuk pada layar.
4. Ketika diminta untuk memilih lokasi untuk menyimpan Microsoft Windows Recovery restore point, pilih salah C: drive atau perangkat penyimpanan eksternal.
CATATAN: Jangan pilih partisi drive HP_Recovery sebagai lokasi penyimpanan! HP_Recovery adalah partisi yang kecil pada hard drive dan didedikasikan kepada Manajer Recovery file. Mencoba untuk menyimpan file lain di partisi ini dapat menyebabkan kesalahan.
5. Jika ada satu atau lebih titik pemulihan pemulihan yang tersedia, klik Pilih restore point yang berbeda, Next, dan kemudian pilih Tanggal dan Waktu ketika PC itu beroperasi dengan benar. Ikuti petunjuk pada layar.
6. Memungkinkan PC untuk restart untuk menyelesaikan Microsoft System Restore.

Jika Anda tidak ingin menggunakan HP Recovery Manager, Anda juga dapat mengakses fungsi System Restore Microsoft dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start, All Program, Accessories, System Tools, dan kemudian System Restore. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. Sistem utilitas Microsoft Kembalikan terbuka.
2. Ikuti petunjuk pada layar untuk mengembalikan PC ke restore point sebelumnya.

Periksa kondisi PC dan menginstal file
HP Recovery Manager dapat mengakses utilitas Microsoft untuk memeriksa kondisi memori dan file pada hard drive. Utilitas dapat memperbaiki kesalahan sebelum mereka menyebabkan masalah serius.
Anda dapat melakukan Pemeriksaan Komputer dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik Start, masukkan Pemulihan di bidang pencarian, lalu pilih Pemulihan Manager dari daftar bila telah tersedia. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
Bergantian, klik Start, All Programs, Recovery Manager, dan kemudian Recovery Manager. Biarkan tindakan untuk melanjutkan, jika diminta. HP Recovery Manager akan terbuka.
2. Klik Komputer Pemeriksaan, Next, pilih jenis pemeriksaan yang dikehendaki dari daftar, kemudian klik Berikutnya. Ikuti petunjuk pada layar.
* Microsoft Memory Test - restart PC untuk melakukan tes.
* Periksa Disk untuk Partisi Windows - menjalankan cek disk (CHKDSK) utilitas pada partisi primer.
* Periksa Disk untuk Partisi WinRE - menjalankan cek disk (CHKDSK) utilitas pada partisi dilindungi undang-undang untuk partisi Recovery Manager.
* Buka Command Prompt - akan membuka jendela Command Prompt untuk tujuan menjalankan Windows utilitas tambahan. Logon sebagai administrator untuk menjalankan utilitas.

Jangan keluarkan HP Recovery Partisi
Dalam upaya untuk merebut kembali ruang tambahan pada hard drive, beberapa pengguna ingin menghapus HP Recovery Manager dan partisi pemulihan. HP tidak merekomendasikan penghapusan partisi pemulihan dari hard disk drive.
Jika sangat penting untuk merebut kembali beberapa ruang penyimpanan pada hard disk drive, HP menyarankan Anda menciptakan set cakram sistem operasi pemulihan sebelum membuat perubahan. Dalam hal kegagalan hard drive, menggunakan cakram pemulihan untuk memulihkan PC untuk kondisi operasi yang asli. Untuk informasi tambahan, lihat PC HP Notebook - Menanggalkan Recovery Manager.
Buat disk pada USB perangkat Pemulihan
Pengaturan default drive, untuk Pemulihan Manager untuk HP Pavilion dan Compaq Presario notebook PC model dijual dengan Windows Vista atau Windows 7 sistem operasi, mengharuskan backup dibuat menggunakan disk drive optik. Untuk notebook yang tidak memiliki disc drive optik internal, HP juga menyediakan Pemulihan USB Flash Disk Utility untuk menciptakan file yang dibutuhkan di flashdrive USB. Lihat, PC Notebook HP - Menciptakan Disk Recovery pada USB Flashdrive.

1 komentar:

  1. hp laptop saya tdk bs msk ke recovery manager pd saat booting sdh menekan f11 tetapi malahan masuk ke windows.
    ini terjadi karena saya downgrade dari vista ke XP
    kalo di explorer partisi recovery ada, tetapi file tdk muncul, kalau dilihat dari properties partisi recovery terpakai ada 10 GB, tetapi file2 tidak ada, gimana memulihkan partisi recovery tersebut...? mohon penjelasan, terima kasih.

    BalasHapus